Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Kunci/Kord (Chord) Dasar Bermain Ukulele

Halo pembaca, kali ini saya kan meulis tentang kunci dasar atau lebih sering disebut kord ukulele. Kalo denger ukulele pasti teringat dengan musisi jalanan kan? (lebih halus nyebutnya, soalnya takut menyinggung😅) Ukulele itu adalah alat musik yang memiliki 4 senar saja, kalo 6 senar namanya gitar. Pada ukulele biasanya digunakan senar nilon atau senar pancing, sedangkan pada gitar bisa menggunakan senar logam maupun senar nilon. Ini penampakannya.

Hasil gambar untuk ukulele

Ukulele diatas adalah ukulele jenis Soprano, yakni jenis paling mini dan paling kecil dari semua jenis ukulele. Diatasnya ada ,Concert, Tenor, dan paling agung/tinggi adalah Baritone. Yang membedakan semua jenis ukulele hanyalah pada panjang fret/leher ukulele dan kotak suara/bodi ukulele. Oiya, settingan atau pengaturan atau penyeteman atau tuningnya (banyak amat "atau"nya, maklum istilahnya banyak😅) adalah:


G4 dengan frekuensi 392.0 Hz (Senar 4/Paling atas)
C4 dengan frekuensi 261.6 Hz (Senar 3/Dibawah Senar 4)
E4 dengan frekuensi 329.6 Hz (Senar 2/Dibawah Senar3)
A4 dengan frekuensi 440.0 Hz (Senar 1/Paling bawah)
Hasil gambar untuk posisi senar ukulele;
Posisi senar G (Senar 4), C (Senar 3), E (Senar 2), A (Senar 1)

Setelah semua tekah diatur, kini saatnya belajar bermain ukulele. Sebenarnya main ukulele itu gampang gampang susah, tapi lebih banyak gampangnya jika masih belajar dasarnya. Perlu diingatkan, ukulele bersenar 4, jangan samakan cara bermain dengan gitar yang senarnya 6, walaupun ada yang sama kordnya dengan gitar. Langsung saja kita masuk ke kord dasarnya.

Kunci C
Letakkan 1 jari di fret ketiga senar 1. Itu angka 3 digambar melambangkan jari, seperti 1 untuk jari telunjuk, 2 untuk jari tengah, 3 untuk jari manis, dan 4 untuk jari kelingking.
Hasil gambar untuk c ukulele 

Kunci D
Letakkan 3 jari di fret 2 senar 2, 3, 4.
Hasil gambar untuk d ukulele

Kunci F
Letakkan 2 jari, jari pertama di fret 1 senar 2, jari kedua di fret 2 senar 4.
Hasil gambar untuk f ukulele

Kunci G
Ini kuncinya sama seperti kunci D di gitar, letakkan 3 jari, jari pertama di fret 2 senar 3, jari kedua di fret 2 senar 1, jari ketiga di fret 3 senar 2.
Hasil gambar untuk g ukulele

Kunci Am (A Minor)
Letakkan 1 jari di fret 2 senar 4.
Hasil gambar untuk am ukulele
 
Kunci Em (E Minor)
Letakkan 3 jari, jari pertama di fret 2 senar 1, jari kedua di fret 3 senar 2, jari ketiga di fret 4 senar 3.
Hasil gambar untuk em ukulele 




Kunci Dm (D Minor)
Ini kuncinya sama seperti kunci Am di gitar, letakkan 3 jari, jari pertama di fret 1 senar 2, jari kedua di fret 2 senar 4, jari ketiga di fret 2 senar 3.
Hasil gambar untuk dm ukulele

Mungkin itu saja kunci/kord dasar bermain ukulele, kalo untuk yang lebih lagi seperti kunci E, B, Bm, Cm, F#m, C#m, dan kawan kawannya yang lain bisa dicari di internet, khususnya mbah gugel. Chord ini adalah kunci yang lebih sering digunakan banyak lagu, lagipula kuncinya smua mudah saja, jadi mempermudah kita untuk memainkan lagu. Perlu diingat juga, bahwa kunci atau kord di suatu lagu sama, hanya saja jika alatnya berbeda, caranya juga berbeda, sama donk seperti semboyan kita "Bhinneka Tunggal Ika", walaupun berbeda - beda tapi tetap satu juga. Sekian tulisan saya ini, maaf jika ada yang salah maupun kurang, karena yang namanya MANUSIA ada kurangnya ada lebihnya. Terima kasih dan semoga menambah wawasan kita semua.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar